5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"
  • Home
  • Aktifitas
  • Anggota Bawaslu Kabupaten Musi Rawas Utara Diperiksa DKPP

Anggota Bawaslu Kabupaten Musi Rawas Utara Diperiksa DKPP

Kamis, 27 September 2018
164 dilihat

Jakarta, DKPP- Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar sidang pemeriksaan perkara nomor 234/DKPP-PKE-VII/2018 dengan Teradu Muhammad Ali Asek,Anggota Bawaslu Kab. Musi Rawas Utara, Kamis (27/9). Ia diadukan oleh Gito Agung Bramasta. Muhammad Ali Asek diadukan karena diduga terlibat sebagai anggota Partai Politik Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

“Teradu diduga terlibat sebagai anggota partai politik yakni sebagai Wakil Ketua Majelis Pakar Cabang DPC PPP Musi Rawas Utara,” kata Gito saat membacakan dalil aduannya.

Untuk menguatkan dalil aduannya, Pengadu menghadirkan saksi dalam sidang pemeriksaan, serta membawa bukti berupa foto bersama Teradu dengan pengurus PPP dan SK Kepengurusan DPC PPP Musi Rawas Utara Tahun 2014.

Terhadap aduan tersebut, Teradu membantahnya. Ia menjelaskan bahwa sejak tahun 2009 dirinya telah menjadi penyelenggara pemilu dengan menjadi KPPS di desanya, yang dibuktikannya dengan piagam. Selanjutnya, ia juga memaparkan pada tahun 2015 dirinya menjadi Anggota KPPS yang dibuktikan dengan SK pengangkatan sebagai KPPS.

“Pada saat pemilihan Gubenur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan tahun 2018 saya menjadi Pengawas Pemilu Kab Musi Rawas Utara. Selanjutnya, dalam pembentukan Bawaslu Kab Musi Rawas Utara, saya kembali terpilih sebagai Anggota Bawaslu Kab Musi Rawas Utara,” jelas Ali saat membacakan jawaban tertulisnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa syarat menjadi Bawaslu Kab Musi Rawas Utara adalah tidak terlibat dan menjadi pengurus partai politik. Terhadap persyaratan tersebut panitia seleksi membuka ruang bagi masyarakat umum untuk memberikan masukan dan aduan terhadap peserta seleksi.

“Pada saat tahapan tersebut tidak ada aduan masyarakat yang menyatakan saya adalah pengurus partai politik,” tegasnya.

Sidang pemeriksaan ini dipimpin oleh Anggota DKPP Prof Muhammad bersama dengan Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Provinsi Sumsel yakni Asphani dari unsur KPU, Anisatul Mardiah dari unsur Tokoh Masyarkat dan Iwan Ardiansyah dari unsur Bawaslu. Sidang tersebut juga dihadiri oleh Ketua Bawaslu RI Abhan beserta Anggotanya yakni rahmat Bagja sebagai pihak terkait.

Jalannya sidang pemeriksaan dengan agenda pembacaan dalil aduan dari Pengadu dan mendengarkan jawaban dari Teradu serta keterangan saksi dari perkara nomor 234/DKPP-PKE-VII/2018 ini dapat dilihat di fanpage FB DKPP @medsosdkpp. (Irmawanti)