5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"

DKPP Berhentikan Tiga Penyelenggara Pemilu

Rabu, 06 Juni 2018
332 dilihat

Jakarta, DKPP- Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap terhadap tiga orang penyelenggara Pemilu. Vonis tersebut dibacakan dalam sidang kode etik dengan agenda pembacaan putusan pada sesi kedua, Rabu (6/6) pukul 13.00 WIB.

Selaku ketua majelis Prof Muhammad, dan anggota majelis Ida Budhiati, Prof Teguh Prasetyo, dan Alfitra Salam. Sidang bertempat di Ruang Sidang DKPP, Gedung Bawaslu, Jakarta dan melalui video conference

Mereka yang diberhentikan adalah Anggota PPK Bandung Kulon, dan anggota Panwas Kab. Pematang Siantar. Sanksi lainnya adalah  berupa peringatan keras dijatuhkan kepada 14 penyelenggara Pemilu. Sementara sanksi peringatan sebanyak 19 orang. DKPP juga merehabilitasi nama baik  26 penyelenggara  Pemilu.

Jadi total penyelenggara Pemilu yang menjadi Teradu yang diputus pada sesi siang sebanyak 62 orang dari 12 Putusan atau 14 perkara.

Pada sesi pagi, DKPP membacakan 10 Putusan.  Pada sesi pagi, sebanyak 10 direhabilitasi, 26 diberi sanksi peringatan, satu orang dijatuh sanksi peringatan keras,  satu orang diberhentikan dari jabatannya sebagai ketua dan dua orang dijatuhi sanksi pemberhentian tetap. Jumlah total teradu sebanyak 40 orang. [Teten]