Aktifitas

Bandung, DKPP – Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Dr. Harjono bersama anggota DKPP yakni, Dr. Ida Budhiati, Dr. Alfitra Salamm, Prof. Muhammad dan Prof. Teguh Prasetyo menghadiri acara Sidang Promosi Doktoral Gunawan Suswantoro, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu RI, di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, Senin (25/2/2019).

Gunawan memaparkan hasil penelitiannya. Hasil penelitian menunjukkan derajat proporsionalitas sistem pemilu pada tahun 2004-2009 mendukung ketidakefisienan pemerintahan SBY. Selain itu, ketidakefisienan ini juga diperkuat dengan hasil perhitungan rice index pada beberapa proses pengambilan kebijakan yang menunjukkan bahwa partai politik koalisi pendukung pemerintah tidak disiplin.

Berdasarkan hal tersebut, Gunawan merekomendasikan sistem pemilu dalam penguatan sistem pemerintahan presidensial yang mengubah dari sistem proporsional terbuka menjadi proporsional pararel. Sistem pemilu pararel diusulkan untuk menghasilkan model koalisi efektif pada pemerintahan. Selain itu, sistem pemilu yang direkomendasikan diharapkan dapat mengurangi potensi konflik kelembagaan antara presiden dengan DPR sehingga dapat mengefektifkan sistem pemerintahan presidensial.

Selain ketua dan anggota, hadir juga Kepala Biro DKPP Bernad Dermawan Sutrisno, Kepala Bagian Administrasi Umum Yusuf, Kepala Bagian Administrasi Pengaduan Dini Yamashita dan Kepala Bagian Administrasi Persidangan Osbin Samosir. [Yani]