5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"

Ketua Majelis Tegaskan Sidang DKPP Tepat Waktu

Jumat, 16 November 2018
88 dilihat

Kupang, DKPP- Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar sidang pemeriksaan terhadap Marianus Minggo, Lodowyk Frederik, Deky Ballo, dan Trofinus Maka Ndolu selaku Ketua dan Anggota KPU Kota Kupang, Jumat (16/11) di Kantor Bawaslu Provinsi NTT.

Ketua majelis sidang perkara nomor 270/DKPP/DKPP-PKE-VII/2018 ini adalah Anggota DKPP           Prof Teguh Prasetyo. Ada pun anggota majelis adalah Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Provinsi NTT yaitu Jemris Fointuna (unsur KPU), Gasim (unsur Bawaslu), dan Burhanudin Gesi (unsur masyarakat. Perkara tersebut diadukan oleh Bambang Sutejo dan Abdullah S Toda, Ketua dan Anggota DPC PBB Kota Kupang yang dikuasakan kepada Firmansyah dkk. Dalam pemeriksaan hadir para Teradu serta Pengadu yakni Esye G Pandie selaku tim kuasa hukum. Serta pihak terkait yakni Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Kupang dan staf Silon KPU Kota Kupang Dhany Thei.

Sidang sempat terhambat diawal proses pemeriksaan dikarenakan Pengadu yang terlambat hadir. Sehingga, sidang diskors untuk menunggu kehadiran Pengadu. Terkait itu, Ketua Majelis mengingatkan kepada pihak Pengadu untuk dapat tepat waktu dalam menjalani sidang pemeriksaan. Hal tersebut disampaikannya saat Pengadu sudah hadir dalam sidang pemeriksaan.

“Kepada Teradu kami sampaikan bahwa sidang di DKPP tepat waktu, tidak delay. Sidang sudah dibuka pukul 08.00 WITA tadi dan di skors karena Pengadu yang terlambat,” jelas Ketua Majelis.

Selanjutnya, Ketua Majelis mempersilakan pihak Pengadu untuk menyampaikan dalil aduannya. Di antara dalil aduan yang disampaikan  menyebutkan bahwa Pengadu menduga bahwa para Teradu sengaja menolak pendaftaran dan telah berencana menggagalkan Partai Bulan Bintang Kota Kupang ikut menjadi Peserta Pemilu 2019. Menurutnya, hal tersebut karena Teradu Menerbitkan Berita Acara di hari dan tanggal yang sama di mana proses tahapan pendaftaran sedang berlangsung yaitu pada hari selasa tanggal 17 Juli 2018. 

Selanjutnya, diberi kesempatan yang sama oleh majelis sidang, terhadap dalil aduan tersebut Ketua dan Anggota KPU Kota Kupang yang menjadi Teradu dalam perkara ini membantahnya.

Sidang pemeriksaan terhadap Ketua dan Anggota KPU Kota Kupang ini dapat dilihat di https://www.facebook.com/medsosdkpp/videos/432716510593706/ (Irmawanti)