5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"
  • Home
  • Aktifitas
  • Sidang Pemeriksaan Bawaslu Kota Sukabumi, Pengadu Tidak Hadir

Sidang Pemeriksaan Bawaslu Kota Sukabumi, Pengadu Tidak Hadir

Jumat, 16 November 2018
105 dilihat

Sukabumi, DKPP - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara Pemilu nomor perkara 295/DKPP-PKE-VII/2018 di Kantor KPU Kota Sukabumi, pada Jumat (16/11) pukul 09.00 WIB. Bertindak selaku ketua majelis Alfitra Salam dan Tim Pemeriksa Daerah Provinsi Jawa Barat, Nina Herlina Lubis (unsur Masyarakat) dan Wasikin Marzuki (unsur Bawaslu).

Pengadu dalam perkara ini adalah Endang Rohman (Wiraswasta/Lembaga Palapa Sakti Nusantara Pemersatu Bangsa), tidak hadir dalam sidang dan menyampaikan ketidakhadirannya tadi pagi. Sedangkan Teradu, Moch. Aminudin adalah anggota Bawaslu Kota Sukabumi. Pihak terkait dalam perkara ini yaitu anggota Bawaslu Kota Sukabumi, anggota KPU dan Sekretaris KPU Kota Sukabumi.

Dalil aduan Pengadu adalah bahwa Teradu pada Pileg DPRD Kota Sukabumi Tahun 2014 terlibat aktif menjadi saksi dan perwakilan dari salah satu partai politik dan terindikasi sebagai anggota partai politik. Pengadu mendalilkan bahwa sebagaimana ketentuan pasal 117 ayat (1) UU 7 Tahun 2017 seharusnya Teradu tidak layak untuk menjadi anggota Bawaslu Kota Sukabumi periode 2018-2023 karena syarat mengundurkan diri dari keanggotaan parpol sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun pada saat mendaftar. [Nur Khotimah]