5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"
  • Home
  • Aktifitas
  • Prof. Teguh Apresiasi Kerja Penyelenggara Pemilu di Sumatera Barat

Prof. Teguh Apresiasi Kerja Penyelenggara Pemilu di Sumatera Barat

Rabu, 12 September 2018
143 dilihat

Padang, DKPP – Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Prof. Teguh Prasetyo, mengapresiasi kinerja penyelenggara Pemilu di Provinsi Sumatera Barat dalam penyelenggaraan Pemilu, khususnya dalam pelaksanaan Pilkada di tahun 2018. Hal ini disampaikan Prof. Teguh saat menjadi narasumber pada kegiatan “Rapat Kerja Teknis Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota dalam rangka Bimbingan Teknis Bagi Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat tahun 2018, Selasa (11/9).

“Kalau kita lihat data yang dimiliki sekretariat DKPP, kasus pelanggaran kode etik di Provinsi Sumatera Barat terhitung sangat jarang. Jadi prestasi ini harus dijaga dan dipertahankan,” ujar Prof. Teguh.

Menurutnya , sebenarnya penyelenggara Pemilu mengemban tugas suci yang cukup berat. Selain mengawal proses demokrasi, penyelenggara pemilu juga mengemban misi suci yaitu melahirkan pemimpin baik ditingkat lokal melalui pilkada maupun di level nasional melalui Pemilu yang menghasilkan wakil rakyat. Apalagi ditahun 2019 akan diselenggarakan Pileg dan Pilpres serentak sehingga kerja penyelenggara dipastikan tidak akan ringan. Oleh karena itu selain menjaga kinerja harus juga menjaga etika selaku penyelenggara.

 

“Etika adalah pedoman berperilaku yang baik, etika bagi penyelenggara Pemilu merupakan tuntunan perilaku bagi penyelenggara Pemilu yang mengatur apa yang boleh dikerjakan dan mana yang tidak boleh dikerjakan,” jelasnya.

 

Lebih lanjut dijelaskan, etika penyelenggara Pemilu antara lain tidak berpihak atau netral,  bertanggung jawab dan jujur. Apalagi suara rakyat adalah suara tuhan, sehingga sebagai penyelenggara Pemilu sudah harus siap membatasi diri seperti senyum dengan level yang sama kepada semua pihak dan lain sebagainya. Disamping itu yang paling utama ialah tetap menjaga integritas dan menjunjung tinggi profesionalisme, karena kebanyakan aduan yang diadukan ke DKPP berasal dari kealpaan penyelenggara pada kedua prinsip tersebut.

Kegiatan “Rapat Kerja Teknis Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota dalam rangka Bimbingan Teknis Bagi Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat tahun 2018, diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Sumatera Barat dan dimoderatori Kasek Bawaslu Prov. Sumatera Barat Karnalis Kamaruddin. Acara ini merupakan bimbingan teknis bagi ketua, anggota dan kepala sekretariat dari 19 Bawaslu Kabupaten/Kota di Sumatera Barat dan turut dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Prov. Sumatera Barat. (Austin N.S / Prasetya)