5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"

DKPP Gelar Rakornis Di Kota Makassar

Minggu, 27 Mei 2018
346 dilihat

Makassar, DKPP – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Teknis Sidang Kode Etik Penyelenggara Pemilu di Kota Makassar, Minggu (27/5) Pukul 16.00 WITA. Rapat dipimpin oleh Dr. Alfitra Salamm, anggota DKPP; moderator acara Mohammad Saihu, tenaga Ahli; pengantar rapat Titis Adityo Nugroho, Kasubbag Verifikasi Pengaduan dan Analisis Wilayah I Bagian Administrasi Pengaduan.

Rapat ini dihadiri oleh perwakilan Sekretariat KPU Provinsi Sulsel; Edi Rahmatullah, Julita Rahayu, Ismail Masse, dan Muh. Asri. Dari Bawaslu Prov. Sulsel hadir; Ketua, Laode Arumahi, Kepala Sekretariat Bawaslu Prov. Sulsel; Sudirman, staf Rahmat Hidayat, Radinal Rakhman dan Muhlis Masud serta Tim Pemeriksa Daerah unsur masyarakat; Prof. Anwar Borahima, dan Andi Samsu Alam.

Alfitra Salamm menjelaskan bahwa rapat ini membahas mengenai persiapan teknis sidang yang akan dilaksanakan besok, Senin (28/5) di kantor Bawaslu Prov. Sulsel, Jl. A.P. Pettarani No. 98 Makassar. DKPP bersama Tim Pemeriksa Daerah akan memeriksa lima perkara yakni; Perkara Nomor 100/DKPP-PKE-VII/2018 yang diadukan Irfan Idam dkk  kuasa dari Munafri Arifuddin dan A Rachmatika Dewi Yustitia terhadap Ketua dan Anggota Panwas Kota Makassar; Perkara Nomor 101/DKPP-PKE-VII/2018 yang diadukan oleh Mochtar Djuma  kuasa dari Munafri Arifuddin dan A Rachmatika Dewi Yustitia terhadap Ketua dan Anggota KPU Kota Makassar; Perkara Nomor 102/DKPP-PKE-VII/2018 yang diadukan oleh Mochtar Djuma  kuasa dari Munafri Arifuddin dan A Rachmatika Dewi Yustitia terhadap Ketua KPU Kota Makassar; Perkara Nomor 103/DKPP-PKE-VII/2018 yang diadukan Harla Ratda dan Lukman S Wahid kuasa dari Hamzah terhadap Ketua dan Anggota KPU Kab. Palopo; dan Perkara Nomor 106/DKPP-PKE-VII/2018 yang diadukan Djamaludin Rustam dkk, Tim hukum dari Diami (Moh. Ramdhan Pomanto & Indira Mulyasari Paramastuti) terhadap Ketua dan Anggota KPU Kota Makassar.

“Digelarnya rakornis ini adalah untuk silaturahmi dengan pimpinan KPU, Bawaslu dan TPD Sulsel. Saya ini spesialis Papua, sudah enam kali sidang ke Papua tapi baru satu kali ke Makassar,” kata Alfitra saat membuka paparan.

Terkait Pilkada Kota Makassar yang saat ini menjadi sorotan dan bahkan telah ramai diberitakan di media nasional, Alfitra berharap Pilkada dapat berjalan dengan baik dan tidak ada satu hal pun yang berpotensi menimbulkan masalah.

“Penyelenggara pemilu agar memberikan kepastian hukum kepada masyarakat. Jangan sampai ada politisasi penyelenggara pemilu supaya masyarakat tidak ragu dan mempertanyaan akan kemandirian dan integritas penyelenggara,” Alfitra menutup paparannya.[Diah Widyawati]