Wednesday, 18-10-2017

Teradu Absen, Sidang KIP Aceh Tenggara Tetap Dilanjut

( 10-10-2017 ) -- Read 81 Hits

Jakarta, DKPP - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu akan menggelar sidang kode etik Anggota KIP Aceh Tenggara Budiman Pasaribu, Selasa 10 Oktober 2017, pukul 10.00 WIB, ini. Rencananya sidang ini melalui video conference, ketua majelis berada di Ruang Sidang DKPP, Jakarta, dan anggota majelis serta pihak beperkara di Bawaslu Aceh. 

 

Pengadu dalam perkara ini, Dedy Mulyadi Selian, Fitriyana, Sudirman, masing-masing sebagai Ketua dan Anggota KIP Kabupaten Aceh Tenggara. Mereka mendalilkan bahwa Teradu, Budiman Pasaribu, telah menghilang dan tidak menjalankan tugasnya selaku anggota KIP Kabupaten Aceh Tenggara sejak tanggal 21 Mei 2017. Pada tanggal tersebut bersamaan dengan momen penugasan Teradu untuk mengikuti Rapat Evaluasi Pilkada Aceh Tahun 2017 di Kota Subulussalam tanggal 21-23 Mei 2017.

 

Menurut Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Alfitra Salamm, sidang pemeriksaan pertama sudah dilaksanakan di Aceh pekan lalu. Rencananya ini merupakan sidang lanjutan, kedua. “Bila Teradu pada sidang lanjutan ini tidak ada, berarti statusnya inabsentia (pemeriksaan perkara tanpa kehadiran pihak Teradu atau tergugat, red),” katanya.

 

Dia melanjutkan, Teradu hilang tanpa keterangan. Menurut pihak kepolisian pun menyatakan hilang. Hilangnya Teradu tidak ada kaitannya dengan perkara hukum. “Teradu hilang begitu saja,” tutup Alfitra. [Teten Jamaludin]