Aktifitas

Jakarta, DKPP – Sekretaris Jenderal Badan Pengawas Pemilu RI (Sekjen Bawaslu RI), Dr. Gunawan Suswantoro menghadiri acara syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-7 Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI di Ruang Sidang DKPP RI, Gedung Bawaslu RI, Jakarta, Rabu (5/6/2019).

Dalam sambutannya, Gunawan mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-7 kepada DKPP. Ia juga mengungkapkan bahwa DKPP tidak lagi berada di bawah Sekretariat Jenderal Bawaslu RI dan mengaku sedih karenanya.

“Saya merasa sedih, Agustus besok DKPP harus berpisah dengan Sekretariat Bawaslu. Sekretariatnya nanti ada di bawah Kementerian Dalam Negeri,” ujarnya.

Ia menambahkan, dirinya selaku Sekjen Bawaslu telah menyiapkan masa transisi yang sebaik-baiknya bagi DKPP. Hal ini menurut Gunawan, merupakan janji yang telah dibuatnya kepada Sekjen Kementerian Dalam Negeri pada beberapa waktu lalu.

“Saya tidak mau kinerja DKPP menurun saat pindah ke Kemendagri,” jelas Gunawan tentang alasan transisi DKPP.

Sebagaimana diketahui, pergantian sekretariat ini sudah berdasar Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) atau UU Pemilu. Dalam Pasal 162 UU Pemilu, disebutkan harus ada pembentukan Sekretariat DKPP untuk kelancaran tugas dan wewenang lembaga ini. Sejak berdiri pada 2012, kesekretariatan DKPP sendiri bernaung di bawah Sekretariat Bawaslu RI.

Amanat Pasal 162 UU Pemilu ini pun diteruskan oleh Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 67 Tahun 2018 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Wewenang, Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat DKPP sebagai aturan turunan. Selain itu, terdapat pula Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 10 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat DKPP yang mengatur lebih rinci tentang Sekretariat DKPP.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Hukum dan Kesbang, Dr. Didik Suprayitno mengungkapkan bahwa pemerintah sangat mengapresiasi kinerja DKPP dalam kehidupan demokrasi Indonesia.

Menurutnya, keberhasilan Pemilu 2019 tidak dapat dilepaskan dari peran tiga penyelenggara Pemilu, termasuk DKPP. “Saya ucapkan selamat ulang tahun dkpp, semoga ke depannya semakin maju, kinerjanya juga semakin baik, apalagi kalau nanti sekretariatnya sudah mandiri,” kata Didik. [Wildan]