5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"
  • Home
  • Aktifitas
  • DKPP Periksa Ketua, Anggota dan Sekjen Bawaslu RI

DKPP Periksa Ketua, Anggota dan Sekjen Bawaslu RI

Jumat, 12 Oktober 2018
284 dilihat

Jakarta, DKPP - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar sidang pemeriksaan dengan perkara No. 247/DKPP-PKE-VII/2018, Jumat (12/10) di Ruang Sidang DKPP. Perkara tersebut diadukan oleh Rikson Hatigoran yang mengadukan Abhan, Ratna Dewi Pettalolo, Moch Afifuddin, Rahmat Bagja, Fritz Edward Siregar selaku Ketua dan Anggota Bawaslu RI serta Sekjen Bawaslu RI Gunawan Suswantoro. Di antara pokok aduannya menyebutkan bahwa para Teradu diduga melakukan tindakan penyalahgunaan kewenangan sebagai lembaga/badan yang diberikan kewenangan untuk melakukan akreditasi pemantau, Pemilu serentak 2019.

Bersamaan dengan pemeriksaan perkara tersebut, DKPP juga memeriksa perkara No. 233/DKPP-PKE-VII/2018 yang diadukan oleh Steven G. Tunas dengan Teradunya Abhan, Fritz E Siregar dan Rahmad Bagja selaku Ketua dan Anggota Bawaslu RI. Mereka diadukan perihal mahar politik yang dilaporkan oleh Federasi Indonesia Bersatu dinyatakan tidak terbukti dan dihentikan

Sidang tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DKPP Harjono bersama dengan anggota yakni Teguh Prasetyo, Muhammad, Alfitra Salam dan Ida Budhiati. Sidang beragendakan mendengarkan dalil aduan yang dibacakan oleh Pengadu dan mendengarkan jawaban Teradu.

“Saya persilakan Pengadu untuk menyampaikan dalil aduan dan kemudian dilanjutkan kepada para Teradu untuk menjawab,” tutur Harjono. Sidang pemeriksaan ini dapat disaksikan melalui fanpage FB DKPP di @medsosdkpp dengan link berikut : https://www.facebook.com/medsosdkpp/videos/860193990850210/ (Irmawanti)