5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"
  • Home
  • Aktifitas
  • DKPP Periksa KPU dan Panwas Kabupaten Timor Tengah Selatan

DKPP Periksa KPU dan Panwas Kabupaten Timor Tengah Selatan

Senin, 01 Oktober 2018
162 dilihat

Kupang, DKPP- Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)  menggelar sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran kode etik terhadap  Ketua dan Anggota KPU Kab. Timor Tengah Selatan atas nama Ayub P. Magang, Romanus Dau, Sarince R. Soinbala, Yan Aty dan Yulius Efendi Telnoni, Senin (1/10) di kantor KPU Provinsi NTT.

Selain mereka, Melki E. Fay, Dementri A. Z. Pitay, Desi M. Nomleni selaku Ketua dan Anggota Panwaslu Kab. Timor Tengah Selatan juga menjadi Teradu dalam perkara yang diadukan oleh Naitboho dan Alexander Kase yang merupakan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kab. Timor Tengah Selatan yang dikuasakan kepada Novan Erwin selaku advokat.

Sidang perkara nomor 228/DKPP-PKE-VII/2018 ini dipimpin oleh Anggota DKPP Alfitra Salam dengan Tim Pemeriksa Daerah Provinsi NTT yakni Burhanudin Gesi dari unsur tokoh masyarakat, Gasim unsur KPU, dan Jemris Fointuna unsur Bawaslu.

“Sidang pemeriksaan dengan perkara nomor 228/DKPP-PKE-VII/2018 dibuka dan terbuka untuk umum,” tutur Alfitra sambil mengetuk palu tiga kali untuk membuka sidang pemeriksaan.

Lebih lanjut, Alfitra mempersilakan kepada pihak Teradu untuk membacakan dalil aduannya. Dalil aduan Pengadu diantaranya yakni Ketua dan Anggota KPU Kab. Timor Tengah Selatan tidak profesional dalam melaksanakan tahapan distribusi logistik surat suara dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Timor Tengah Selatan. Hal tersebut menurutnya terjadi di 30 Kecamatan se- Kab. Timor Tengah Selatan.

Usai mendengarkan dalil aduan Pengadu, Alfitra juga memberikan kesempatan pihak Teradu untuk membacakan jawaban terhadap dalil aduan Pengadu.

“Kepada para Teradu, Kami persilakan untuk membacakan jawaban terhadap dalil aduan Pengadu,” tutur Alfitra. (Esih/Irmawanti)