5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"
  • Home
  • Aktifitas
  • DKPP Periksa Ketua dan Anggota KPU Kab. Bolaang Mongondow

DKPP Periksa Ketua dan Anggota KPU Kab. Bolaang Mongondow

Selasa, 25 September 2018
114 dilihat

Jakarta, DKPP – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan penyelenggara Pemilu di Kab. Bolaang Mongondow, Selasa (25/9). Sidang dengan perkara nomor 220/DKPP-PKE-VII/2018 menghadirkan Ketua dan Anggota KPU Kab. Bolaang Mongondow yakni Fahmi Ghazali Gobel, Rulli Halaa, Deendels Somboadile, Isnaidin Mamonto, dan Lilik Mahmudah. Mereka diadukan oleh Muhammad Febbie Mokodongan yang juga Sekretaris DPD Partai Perindo Kab. Bolaang Mongondow.

Pengadu mendalilkan para Teradu tidak memberikan Berita Acara pengembalian persyaratan bakal calon saat dokumen tersebut dinyatakan belum lengkap dan diminta untuk diperbaiki pada tanggal 17 Juli 2018 pukul 23.45 WITA. Kemudian para Teradu tidak menindaklanjuti rekomendasi Panwaslu Kab. Bolaang Mongondow.

Isi rekomendasi Panwaslu Kab. Bolaang Mongondow yaitu “untuk dapat melakukan peninjauan kembali terhadap keputusan KPU Kab. Bolaang Mongondow tanggal 18 Juli 2018 yang berisi Penolakan Dokumen Persyaratan Bakal Calon dan Syarat Bakal Calon Partai Perindo, untuk selanjutnya ditindaklanjuti sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan memperhatikan jadwal tahapan yang sedang berjalan.

Sidang dilaksanakan melalui video conference dengan Ketua Majelis Harjono berada Operation Room KPU RI, Jakarta dan Anggota Majelis Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Prov. Sulawesi Utara yakni Ferry Daud Liando (unsur masyarakat), Herwyn J. Malonda (unsur Bawaslu), dan Ardiles Mewoh (unsur KPU). (Sandhi)