5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"

DKPP Sidang KPU dan Panwas Kab. Pulang Pisau

Kamis, 09 Agustus 2018
289 dilihat

Jakarta, DKPP- Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memeriksa Untung Surapati, Yuliana, Andry Wahyudi, Ahmad Najarudin dan Wilman Dehen, Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Pulang Pisau, Kamis (9/8). Selain mereka, Ketua dan Anggota Panwas Kabupaten Pulang Pisau, yakni Uben Itun, Roby Hudin dan Hepro Noproyanto juga diperiksa DKPP.

Mereka diadukan oleh Idham Amur dan Ahmad Jayadikarta melalui kuasa hukumnya Reginaldo Sultan dan Aperdi Situmorang. Pemeriksaan terhadap perkara nomor 177/DKPP-PKE-VII/2018 ini dipimpin oleh Fritz Edward Siregar, Anggota DKPP bersama TPD wilayah Provinsi Kalteng yakni I Made Sadiana (unsur masyarakat), Sapta Tjita (unsur KPU), dan Satriadi (unsur Bawaslu).

Sidang pemeriksaan digelar melalui vidcon pukul 10.00 WIB di kantor KPU RI, Jakarta dengan KPU Provinsi Kalteng. Sidang kali pertama ini beragendakan mendengarkan dalil aduan Pengadu dan mendengar jawaban Teradu. Selain itu, Majelis sidang juga memberikan kesempatan kepada saksi yang dihadirkan oleh Pengadu untuk untuk memberikan keterangan.

Usai mendengarkan dalil aduan Pengadu, jawaban Teradu dan keterangan saksi. Pemeriksaan dugaan pelanggaran kode etik tersebut ditutup oleh Fritz Edward Siregar selaku Ketua Majelis sidang.

“Baik, Pengadu dan Teradu, pemeriksaan kita sudah selesai. Pengaduan sudah dibacakan dan sudah direspon oleh Pengadu. Kita juga sudah mendengarkan dua orang saksi yang dihadirkan oleh Pengadu. Sebelum sidang ini ditutup saya persilakan pihak Pengadu dan Teradu menyampaikan harapan atau kesimpulan,” tutur Fritz.

“Kepada Pengadu, Teradu, saksi dan TPD kami ucapkan terima kasih atas kerjasamanya. Perkara dengan nomor 177/DKPP-PKE-VII/2018, kami nyatakan ditutup,” kata Fritz usai mendengarkan harapan dan kesimpulan. (Irmawanti)