5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"
  • Home
  • Aktifitas
  • Evaluasi Pilkada Serentak 2018, Alfitra Nilai Sosialisasi Form A5 Belum Masif

Evaluasi Pilkada Serentak 2018, Alfitra Nilai Sosialisasi Form A5 Belum Masif

Senin, 02 Juli 2018
167 dilihat

Jakarta, DKPP - Tahapan pemungutan suara dalam Pilkada Serentak 2018 telah usai pada Rabu (27/6) lalu. Meskipun demikian, terdapat beberapa catatan diantaranya tentang form A5 yang dinilai belum maksimal sosialisasinya. Hal tersebut diungkapkan Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Alfitra Salam usai diskusi media yang diselenggarakan oleh AIPI dengan tema “Evaluasi Pilkada Serentak 2018”, Senin (2/7) di Hotel Century, Jakarta.  

Alfitra yang melakukan monitoring pemungutan dan penghitungan suara pada beberapa TPS di Provinsi Riau, Rabu (27/6) menemukan banyak masyarakat yang tidak mengetahui tentang form A5. Sehingga, ia menyarankan agar penyelenggara lebih masif dalam menyosialisasikan tentang form A5.

 “Sosialisasi form A5 belum optimal. Orang beranggapan bahwa memilih sesuai harus sesuai KTP. Padahal ia bisa pindah, saya kira sosialisasi perpindahan ini kurang optimal. Saya lihat di TPS yang saya kunjungi di Riau itu ada 371 yang memilih hanya 150. Saya tanya random, kebanyakan yang tidak memilih karena jauh rumahnya. Padahal bisa menggunakan form A5,” tutur Alfitra usai acara diskusi media. [Irmawanti]