5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"
  • Home
  • Aktifitas
  • Laporan Sementara Pelanggaran Pilkada Serentak 2018 di Provinsi Riau

Laporan Sementara Pelanggaran Pilkada Serentak 2018 di Provinsi Riau

Jumat, 29 Juni 2018
281 dilihat

Pekanbaru, DKPP –  Masih dalam rangkaian kegiatan Monitoring Pilkada serentak Tahun 2018 di Provinsi Riau, Tim Monitoring yang dipimpin anggota DKPP, Dr. Alfitra Salamm mengunjungi Kantor Bawaslu Kota Pekanbaru di Jalan Elang No. 6 kelurahan Sukajadi.

Dalam koordinasi tersebut, Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga Bawaslu Riau, Neil Antariksa AMd SH MH yang mendampingi selama monitoring melaporkan hasil pengawasan sementara Pemilihan Kepala Daerah tahun 2018 di Provinsi Riau sebagai berikut:

Di Kab. Pelalawan tepatnya di TPS 4 Desa Pangkalan Tampoi, surat suara brdasarkan jumlah DPT +2.5% harusnya jumlah 276 surat suara, namun yg sampai di TPS kurang yaitu hanya 236, namun hingga akhir tutup TPS tidak semua surat suara terpakai sehingga tidak terjadi kekurangan. Di  Kec. Pangkalan Kuras, Kel.Sorek 1 TPS 12 dan 19 hanya terdapat C1-KWK  yang berhologram, sedangkan C1. KWK yang untuk saksi dan PTPS tidak dikirimkan ke TPS tersebut.

Kec. Kerumutan, Kel.Bukit Lembah, TPS 7 , terdapat pemilih yang membawa C6 dengan nama Andi Hasibuan namun ketika KPPS memanggil namanya tidak lengkap yaitu hanya Andi tanpa marga maka yang bersangkutan langsung merobek C6 dan tidak jadi memilih.

Di  Kab. Siak, TPS 9 di Kelurahan Kandis tadi malam ambruk kena angin hujan tetapi tetap berjalan, sebelum mulai pencoblosan TPS sudah diperbaiki. TPS rawan di Kec. Koto Gasib yang banyak pemilih disabilitas berjalan lancar. KPPS mendatangi kerumah 13 pemilih untuk membantu penyandang disabilitas dan sakit. Ditemukan dugaan pelanggaran di Kec. Bungaraya adanya pemilih dari Kabupaten Meranti namun sudah dicegah langsung oleh panwas setempat. Pelanggaran di Desa Penyengat Kec. Sungai Apit adanya anak yang mewakili org tuanya yang sakit juga sudah dicegah oleh panwas setempat

 Kab. Kuantan Singingi, pada proses pemungutan dan penghitungan suara di 15 kecamatan tidak ditemukan adanya dugaan pelanggaran. Karena panwaslu kab.kuansing telah melakukan pencegahan. Saat ini Panwaslu Kab. Kuansing melakukan rekapitulasi perolehan suara berdasarkan informasi dari PTPS (C plano). Informasi laporan masyarakat ke Panwaslu Kab. Kuansing dengan no Register 03/LP/PG/KAB-KA/04.07/VI/2018 terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan PT. Duta Palma memperkerjakan karyawan di hari libur nasional (27 Juni 2018) dengan catatan  seluruh karyawan bergiliran menggunakan hak suara di TPS.

Kab. Kampar, terdapatnya kekurang surat suara di Desa Gajah Bertalut Kel. Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar Sebanyak 227 suara dan mengakibatkan pemilih tidak bisa mengunakan hak suara. Kecamatan Kampar, Desa Pulau Tinggi TPS 003, dugaan pelanggaran mencoblos lebih dari 1 kali oleh anggota KPPS, mengatasnamakan isterinya yang sedang sakit.

Kab. Rokan Hilir, Kecamatan Kubu TPS 002 Kepenghuluan Sei Kubu Hulu, hasil temuan pengawas TPS bahwa ada 1 orang masyarakat yang melakukan pencoblosan lebih dari satu kali dan sekarang sedang dilakukan proses pemeriksaan terkait dengan dugaan unsur pelanggaran pidana pemilu, Dan sedang dilakukan pemeriksaan terhadap hal tersebut untuk selanjutnya akan dilanjutkan ke Sentra Gakkumdu.

Kabupaten Bengkalis, Lokasi Tps 4 Desa Semunai Kec. Pinggir KPPS melakukan penghitungan  suara pada pukul 10 pagi karena menganggap proses telah selesai dan pemilih yang terdftar di DPT sebanyak 48 pemilih telah melakukan pencoblosan, proses ini di setujui oleh saksi dan PTPS.

Kota Dumai, ditemukan di TPS 13 Kel. Bukit Batrem Kec. Dumai Timur adanya 3 orang pemilih yang yang mencoblos tidak sesuai TPS nya,  dan diduga melanggar aturan PKPU no. 8 Tahun 2018 Pasal 59 ayat 2e. Tentang PSU.  Masih ditemukan DPT ganda identik di daftar pemilih di TPS. Adanya laporan dari masyarakat via WA,  pemilih yang mengambil fotonya saat mencoblos di bilik suara, dan mensharenya di grup WA alumninya. Adanya laporan kotak suara dibuka di Kecamatan Dumai Timur.

Kab. Rokan Hulu, Kecamatan Rokan IV Koto TPS 2 desa Pemandang  kekurangan 100 lembar suara . solusinya - digesar sisa Surat suara dari TPS Terdekat. Kecamatan Bonai Darussalam TPS 6 Desa Pauh kekurangan 100 lembar Surat suara Solusinya digeser sisa surat suara dari beberapa TPS terdekat dituangkan dalam berita acara. Kecamatan Tambusai Utara Desa Payung sekaki di TPS 4  kekurangan surat suara 88 lembar, solusinya digeser sisa suara dari TPS terdekat. Desa Mahato sakti TPS 2  C.1 Pleno tidak ada, solusinya diantarkan KPU Rohul ke TPS bersangkutan. Kecamatan Kepenuhan Hulu Desa Pekan Tebih TPS 5 dengan permohonan PPK dan Keputusan KPU Rohul penundaan Pungut hitung dan akan dilakukan pungut hitung lanjutan karena alasan bencana alam.

Kab. Kepulauan Meranti, Kecamatan Tebing Tinggi Timur TPS 2 Desa Kepau Baru terdapat kekurangan  jumlah surat suara yg kurang dari jumlah DPT nya, DPT 261 pemilih,  surat suara yang di terima 259 lembar. Kecamatan Tebing Tinggi, TPS 16 Kel. Slp Timur, Terdapat 1 orang pemilih membawa Form AA1 KWK (tanda bukti pendaftaran pemilih) bukan C6 dan melakukan pencoblosan, Dan tidak terdaftar di DPT TPS tersebut, tetapi terdaftar di DPT TPS lain. Kecamatan tebing tinggi barat desa alai selatan, 1 orang pemilih mencoblos di TPS yg salah. Harusnya mencoblos di TPS 01 Tapi mencoblos di TPS 02. Kecamatan Merbau, Kelurahan teluk belitung terjadi pembukaan kotak suara di TPS 01, 05, 07, 09 untuk mengambil form C1, disaksikan oleh PTPS, Kepolisian dan saksi dan dibuat B.A. Kec. Tasik Putri Puyu, Desa Bandul ada pembukaan kotak suara di TPS 02 untuk mengambil form C1 dan disaksikan oleh PPL, PTPS, Kepolisian dan saksi dan dibuat B.A

Kab. Indragiri Hilir, terdapat di Kecamatan Batang Tuaka Terdapat  Desa Sungai Luar TPS 1 indikasi surat suara Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Indragiri Hilir bermasalah yaitu berlebih dari total surat suara Bupati diabsensi 258 dan pada saat dihitung totalnya bertambah 4 surat suara menjadi 262. Hal ini telah ditindaklanjuti oleh Panwas Kecamatan Batang Tuaka. Kecamatan Pelangiran terdapat di Desa Tanjung Simpang di TPS 23 telah terjadi kekosongan data pemilih tetap (DPT) kurang lebih 81 Pemilih  yang memilih hanya 29 daftar tambahan. dan ini telah ditindak lanjuti oleh Panwas Kecamatan Pelangiran untuk membuat rekomendasi

Kab.  Indragiri Hulu, pada Saat pemungutan suara ada PT DUTA PALMA yang tidak meliburkan Karyawan di Kec. Batang Gansal, 2. Ditemukan kesalahan prosedur pengiriman kembali Kotak Suara dari TPS ke PPK, Semua Formulir Model C dimasukkan ke Kotak Suara oleh 22 TPS di Kel.Kampung Besar Kota Rengat sehingga malam ini, Panwas menyarankan pembukaan kotak untuk mengeluarkan Model C untuk PTPS dan PPK yang terlanjur dimasukkan kedalam Kotak bersegel dengan catatan disaksikan oleh Saksi Paslon dan diketahui Panwas.

Terhadap laporan yang disampaikan oleh Neil tersebut, Alfitra Salam menyampaikan apresiasi kepada Bawaslu Riau dan jajaran hingga ke PTPS. “Kami memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras Bawaslu Riau dan jajarannya hingga tahap pemungutan dan penghitungan suara Pilkada serentak 2018 berjalan tertib, lancar dan minim pelanggaran kode etik,” kata Alfitra. [Dio_5]