5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"
  • Home
  • Aktifitas
  • Alfitra Salamm Hadiri Pemusnahan Surat Suara Berlebih

Alfitra Salamm Hadiri Pemusnahan Surat Suara Berlebih

Jumat, 29 Juni 2018
167 dilihat

Pekanbaru, DKPP – Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Dr. Alfitra Salamm, hadir dalam pemusnahan surat suara berlebih yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, Selasa malam (26/6) atau sehari jelang pemungutan suara. Surat suara berlebih tersebut didapat setelah distribusi ke TPS telah mencapai 100 persen. Surat suara berlebih atau rusak tersebut dimusnahkan KPU dengan cara dibakar.

Ketua KPU Riau Nurhamin mengatakankan bahwa jumlah surat suara berlebih mencapai 2.648 surat suara. “Malam ini kami sudah memusnahkan dengan cara dibakar. Disaksikan Bawaslu Riau, kepolisian dan juga ada DKPP,” kata Nurhamin usai pemusnahan surat suara.

Ia menjelaskan bahwa surat suara yang dimusnahkan sudah berdasarkan aturan persentase dari jumlah DPT. Karena distribusi sudan dilakukan ke TPS ditambah 2,5 persen dari jumlah DPT maka surat suara yang berlebih harus dimusnahkan. Hal itu juga untuk mengantisipasi penyalahgunaan surat suara berlebih.

“Distribusi surat suara kan sudah 100 persen. Jadi yang dimusnahkan saat ini didapat setelah pengepakan oleh kawan-kawan di jajaran. Tadi juga sudah kami buatkan serah terima bersama instansi terkait,” tuntasnya. Di akhir pemusnahan surat suara, Alfitra juga menandatangani berita acara pemusnahan sebagai saksi. [Dio_3]