5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"
  • Home
  • Aktifitas
  • Prof Muhammad: Banyaknya Pasangan Calon Adalah Sebuah Proses Pendidikan Politik

Prof Muhammad: Banyaknya Pasangan Calon Adalah Sebuah Proses Pendidikan Politik

Kamis, 28 Juni 2018
107 dilihat

Makassar,  DKPP -  Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Prof. Muhammad meninjau pelaksanaan Pilkada Serentak di Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (27/6). Dalamtersebut Muhammad didampingi Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Selatan, Faisal Amir, Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan Azry Yusuf dan Hasmaniar Bachrun, serta Jajaran Sekretariat Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan.

Muhammad menilai bahwa proses-proses edukasi atau pendidikan politik pada Pilkada Sulawesi Selatan baik yang dilakukan partai politik maupun KPU dan Bawaslu terlihat hasilnya. Ia menegaskan bahwa pasangan calon Gubernur Sulawesi Selatan yang jumlahnya empat itu memberi kesempatan kepada pemilih di Sulawesi Selatan untuk memilih yang terbaik, sesuai apa yang menjadi hasil penelusuran visi misi program pasangan calon tersebut.

“Kalau DKPP melihat, ini adalah sebuah proses pendidikan politik. Jadi, tentu dengan banyaknya pasangan calon itu berarti proses-proses pendidikan politik, kaderisasi politik, dan rekrutmen politik itu berjalan,” tutur Ketua Bawaslu RI periode 2012-2017.

“Masyarakat mempunyai kesempatan dalam bentuk pilihan (pasangan calon) yang lebih beragam, tidak satu atau dua,” tambahnya.

Berdasarkan data Bawaslu Provisi, tingkat kerawanan TPS di Kabupaten Maros termasuk yg tertinggi. Maka, rombongan memilih TPS daerah Kabupaten Maros dan Kota Makassar untuk ditinjau.

Sebelum melakukan peninjauan, rombongan berkoordinasi terlebih dahulu di Kantor KPU dan Panwas Kab. Maros. Kemudian, rombongan meninjau TPS 2 Turikale di Kab. Maros yang notabene TPS terbaik di Kab. Maros.

Selanjutnya meninjau tempat serta persiapan hitung cepat KPU Sulsel di Grand Clarion, Kota Makassar.

Setelah itu meninjau ke beberapa TPS, yakni TPS 1, 2, 5, 7 Bonto Lebang dengan didampingi Lurah Bonto Lebang, kemudian TPS 8 Mamajang Dalam, dan TPS 11 Masale di Kota Makassar. [Sandhi Setiawan]