5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"
  • Home
  • Aktifitas
  • DKPP Periksa Ketua dan Anggota Panwas Kotamobagu

DKPP Periksa Ketua dan Anggota Panwas Kotamobagu

Jumat, 27 April 2018
423 dilihat

Manado, DKPP – Masih dalam sidang kode etik yang digelar Dewan kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Kamis, 26/4 di kantor Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara. Sidang kedua dengan perkara No. 77/DKPP-PKE-VII/2018 ini digelar mulai pukul 15.30 dan berakhir pukul 18.30 Wita.

Pengadu untuk perkara ini adalah Robianto Suid dari LSM Gerakan Masyarakat Peduli Rakyat. Dia mengadukan ketua dan anggota Panwas Kotamobagu yakni  Musly L Mokoginta, Adrian Herdi Dayoh dan Amaludin Bahansubu. Selain itu Pengadu juga mengadukan anggota KPU Kota Kotamobagu, Aditya Tegela, koordinator Divisi Perencanaan dan Data.

Pengadu mendalilkan bahwa Panwaslu Kota Kotamobagu telah melakukan Pelanggaran Kode Etik sebagai Penyelenggara Pemilu dengan tidak memperlakukan kedua pasangan calon Walikota dan Wakil walikota Kotamobagu secara adil, seimbang dan setara. Menurut Pengadu hal ini dibuktikan tak satupun laporan Masyarakat, LSM maupun seluruh laporan dari pasangan calon nomor urut 2 An. Drs. Djainudin Damopolii-Drs. Suhardjo Makalalag.

Sidang dipimpin oleh anggota DKPP, Ida Budhiati didampingi Tim Pemeriksa Daerah prov sulut yakni Dr. Emma (unsur masyarakat), Ardiles Mewoh eks officio KPU dan Herwyn Malonda eks officio Bawaslu. [Diah Widyawati]