5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"

DKPP Periksa Ketua dan Anggota KPU Kotamobagu

Jumat, 27 April 2018
130 dilihat

Manado, DKPP – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP ) menggelar dua sidang dugaan kode etik pada Kamis, 26/4 bertempat di kantor Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara. Sidang pertama yang dimulai pukul 09.00 WITA adalah sidang dengan perkara No. 77/DKPP-PKE-VII/2018. 

Teradu dalam perkara ini adalah ketua, anggota dan kasubbag hukum, KPU Kotamobagu, Nova R. Tamon, Iwan Manoppo, Asep Sabar, dan Amir Halatan. Pengadu, Syarifuddin Juaidi Mokodongan adalah Ketua DPD NasDem Kota Kotamobagu. Selain mengadukan ketua dan anggota KPU Kotamobagu, Juaidi Mokodongan juga mengadukan ketua KPU Provinsi Sulawesi Utara, Yessy Momongan.

Menurut Pengadu  khususnya dalam tahap pencalonan penyelenggaraan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kotamobagu Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2018 ditemukan banyak pelanggaran yang dilakukan oleh Para Teradu yakni melakukan verifikasi administrasi dan faktual terhadap syarat dukungan calon Perseorangan tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sedangkan ketua KPU Prov Sulut didalilkan telah memberikan saran dan/atau arahan yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dalam pelaksanaan verifikasi faktual ulang dan pleno rekapitulasi syarat dukungan calon perseorangan. Sidang pemeriksaan pertama ini juga menghadirkan Vivi George anggota KPU Prov Sulut sebagai pihak terkait dan tujuh orang saksi untuk didengarkan keterangan mereka.

Sidang dipimpin oleh anggota DKPP, Ida Budhiati didampingi Tim Pemeriksa Daerah prov sulut yakni Dr. Emma (unsur masyarakat), Ardiles Mewoh eks officio KPU dan Herwyn Malonda eks officio Bawaslu. [Diah Widyawati]