5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"
  • Home
  • Aktifitas
  • Periksa Anggota Panwas Kecamatan Nanggala, Ida Pastikan Kedudukan Pengadu

Periksa Anggota Panwas Kecamatan Nanggala, Ida Pastikan Kedudukan Pengadu

Minggu, 22 April 2018
255 dilihat

Makassar, DKPP- Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar sidang pemeriksaan terhadap Simeon Pabiaran selaku Anggota Panwas Kecamatan Nanggala, Jum’at (20/4). Simeon diadukan atasannya Gabriel Rumbayan, Anggota Panwas Kabupaten Toraja Utara. Sidang tersebut selain dihadiri oleh Pengadu dan Teradu, juga dihadiri ketua dan anggota Panwas Kabupaten Toraja Utara yang dipanggil sebagai pihak terkait.

Dicawal pemeriksaan, anggota DKPP Ida Budhiati yang bertindak sebagai ketua Majelis sidang melakukan konfirmasi terhadap Pengadu dan Pihak Terkait. Ida menanyakan kapasitas Pengadu sebagai Anggota Panwas Kabupaten Toraja Utara, terkait aduan yang disampaikan kepada DKPP merupakan representasi dari institusi atau pribadi.

“Jadi saudara Pengadu, saudara ini anggota. Dalam kapasitas sebagai Anggota, saudara apakah merepresentasikan institusi atau anda secara pribadi. Sebagai pribadi dalam kapasitas sebagai Anggota atau saudara sebagai Anggota merepresentasikan institusi. Coba terangkan terlebih dahulu tentang kedudukan saudara itu,” tutur Ida.

“Kedudukan sekarang anggota, dalam hal terkait tugas dalam pengawasan. Jadi, saya Anggota merepresentasikan institusi,” jawab Gabriel atas pertanyaan Ketua Majelis Sidang.

Lebih lanjut dijelaskan, alasannya menjadi representasi dari institusi dan bukan ketua Panwas Kabupaten Toraja Utara karena dia yang menemukan pelanggaran yang dilakukan oleh Teradu. Ia mengaku mendapat mandat dalam pleno untuk menjadi Pengadu terhadap perkara yang teregistrasi nomor 80/DKPP-PKE-VII/2018. Perkara ini diteruskan ke DKPP karena berdasarkan klarifikasi yang dilakukan oleh Panwas Kabupaten Toraja Utara, hasilnya adalah pemberhentian sementara terhadap Simeon Pabiaran.

Berdasarkan keterangan tersebut yang juga dibenarkan oleh Andarias selaku Ketua Panwas Kabupaten Toraja Utara. Maka, dalam pemeriksaan tersebut Andarias dan Arifin selaku ketua dan Anggota Panwas Kabupaten Toraja Utara disimpulkan berkedudukan sebagai pihak Pengadu bukan Pihak Terkait.

Selanjutnya, Ida bersama dengan Tim Pemeriksa Daerah wilayah Sulawesi Selatan yakni Fatmawati dari unsur Bawaslu, Samsu Alam dari unsur masyarakat, dan Khaerul Manan dari unsur KPU melakukan konfirmasi kepada pihak Pengadu dan Teradu terhadap dalil aduan. (Irmawanti)