5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"
  • Home
  • Aktifitas
  • DKPP Berhentikan Sementara Lima Penyelenggara Pemilu

DKPP Berhentikan Sementara Lima Penyelenggara Pemilu

Rabu, 18 April 2018
415 dilihat

Jakarta, DKPP - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memberhentikan sementara terhadap ketua dan empat anggota KPU Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, T. Ocepina Magal, Alfrets Petupetu,  Yoe Luis Rumaikewi, Derek Mote, Reinhard Gobai. Mereka terbukti melanggar kode etik penyelenggara Pemilu.

Putusan tersebut disampaikan dalam sidang dengan agenda pembacaan 17 putusan pada Rabu (18/4) pukul 13.00 WIB.  Selaku ketua majelis Harjono, dan anggota anggota majelis Prof Muhammad, Prof Teguh Prasetyo, Ida Budhiati, dan Alfitra Salamm.

Selain memendapat sanksi pemberhentian sementara, lima orang ketua dan anggota KPU Kabupaten Mimika tersebut mendapatkan sanksi berupa peringatan keras. Sanksi peringatan keras juga dijatuhkan terhadap 14 penyelenggara Pemilu lainnya. Total penyelenggara Pemilu yang memendapatkan sanksi peringatan keras sebanyak 19 orang atau 20 persen.  

Ada pula penyelenggara Pemilu yang diberhentikan dari jabatannya sebagai ketua. Yaitu kepada, Lukman, dari jabatannya sebagai Ketua KPU Kabupaten Kolaka,  Winaryo Sujoko dari jabatannya sebagai Ketua KPU Kabupaten Pasuruan dan Dodi Safari dari jatabannya sebagai ketua Panwas Kab. Musi Banyuasin.

DKPP juga sanksi peringatan kepada sebanyak 27 penyelenggara Pemilu (29 persen). Sedangkan terhadap penyelenggara Pemilu yang tidak melanggar kode etik, DKPP merehabilitasi 40 penyelenggara Pemilu (43 persen). [Teten Jamaludin]