5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"
  • Home
  • Aktifitas
  • DKPP Memeriksa Ketua dan Anggota Bawaslu RI dan KPU RI

DKPP Memeriksa Ketua dan Anggota Bawaslu RI dan KPU RI

Kamis, 12 April 2018
206 dilihat

Jakarta, DKPP - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar sidang kode etik penyelenggara Pemilu dengan Teradu Ketua dan Anggota KPU dan Bawaslu RI di Ruang Sidang DKPP, Gedung Bawaslu lantai 5, Jalan MH Thamrin No. 14, Jakarta, Selasa (10/4/2018) pukul 10.00 WIB. Selaku ketua majelis Prof Muhammad, dan anggota majelis Prof Teguh Prasetyo, Ida Budhiati, dan Alfitra Salamm.

Teradu Arif Budiman, Hasyim Asy’ari, Ilham Saputra, Viryan, Evi Novida Ginting Manik, Pramono Ubaid, dan Wahyu Setiawan masing-masing sebagai ketua dan anggota KPU RI. Namun yang hadir Arif Budiman dan Hasyim Asy’ari. “Komisioner lain tidak bisa hadir karena ada tugas di luar Jakarta sementara Pak Pramono Ubaid sedang dalam perjalanan,” kata Arif Budiman.

Teradu lainnya, Abhan, dan Ratna Dewi Pettalolo, Rahmat Bagja, Muhammad Afifuddin, Fritz Erdward Siregar. Yang hadir dari Bawaslu Abhan, Ratna Dewi Pettalolo, dan Rahmat Bagja. Menurut Abhan, ketidakhadiran rekannya karena sedang menjalankan tugas Bawaslu.

Sementara Pengadu, I Ketut Tenang dari Partai Rakyat dan H Rhoma Irama, ketua Partai Idaman dan Ramdansyah, sekjen Partai Idaman. Kedua partai tersebut memberikan kuasa kepada Heriyanto. Heriyanto mengatakan, ketidakhadiran prinsipal dari sidang kode etik ini karena pada hari dan waktu yang sama, prinsipal menghadiri sidang putusan terkait partainya di PTUN Jakarta. “Prinsipal kami semuanya ada di PTUN,” katanya.

Ini merupakan sidang kedua. Agenda sidang kali ini adalah pembuktian. Sebelumnya, sidang pertama dengan agenda mendengarkan pengaduan Pengadu dan mendengarkan jawaban dari Teradu. (Teten Jamaludin)