5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"

DKPP Periksa Ketua dan Anggota KPU Pesawaran

Senin, 09 April 2018
544 dilihat

Bandar Lampung, DKPP – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran kode etik dengan nomor perkara 62/DKPP-PKE-VII/2018. Teradunya ialah Amin Udin, Yatin Putro Sugino, Aan Saputra, Edi Sutanto, dan Linawati yang merupakan ketua dan anggota Kab. Pesawaran.

Bertempat di Ruang Gakkumdu Bawaslu Provinsi Lampung, sidang dipimpin Anggota DKPP Ida Budhiati dengan didampingi anggota majelis Wahyu Sasongko (TPD unsur tokoh masyarakat), Iskardo P. Panggar (ex officio Bawaslu) dan Handi Mulyaningsih (ex officio KPU). Pengadu dalam perkara ini ialah Hasri.

Pengadu mendalilkan jika para Teradu melanggar UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 21 ayat 1 yang mewajibkan anggota KPU untuk tidak terlibat dalam organisasi kemasyarakatan. Selain itu Pengadu juga mendalilkan bahwa dalam proses rekrutmen PPK telah terjadi kecurangan karena melanggar PKPU Nomor 3 Tahun 2015 Pasal 18 ayat (1) huruf K yang menjelaskan syarat menjadi anggota PPK adalah belum pernah menjabat 2 (dua) kali sebagai anggota PPK, PPS, dan KPPS. (Prasetyo)