5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"

DKPP Gelar Dua Sidang di Kota Palu

Minggu, 08 April 2018
102 dilihat

Palu, DKPP - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar sidang kode etik penyelenggara Pemilu dengan Teradu Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Donggala, di kantor Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah, Jalan Soegiono No. 12 Timur, Besusu Tengah, Palu, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu, (7/4) pukul 08.45 WITA. Selaku ketua majelis Prof. Muhammad, dan anggota majelis Aminudin Kasim, Naharudin, dan Ruslan Husen.  Pihak Pengadu Moh. Rizal yang memberikan kuasa kepada Wawan Ilham. Sedangkan Teradu: Mohamad Saleh, Tazkir Suleman, Ilyas, Nawir B Pagessa, As’ad Mardjudo, masing-masing sebagai ketua dan anggota KPU Kabupaten Donggala. Teradu lainnya, Muhammad Yahya, Kasubag Hukum KPU Kabupaten Donggala, dan Herman, staf Sekretariat KPU Kabupaten Donggala.

Sidang ini merupakan sidang pertama dengan agenda mendengarkan pokok-pokok pengaduan Pengadu, dan mendengarkan jawaban Teradu. Hadir pula ketua dan anggota Panwaslu Donggala sebagai pihak terkait.

Prof Muhammad berharap agar pihak penyelenggara Pemilu baik KPU dan Panwaslu Kabupaten Donggala untuk menjalankan tugas dan fungsinya secara optimal. “Meski sedang menjalani sidang, kami berharap tidak mengganggu tahapan yang berjalan karena tahapan Pilkada dengan tahapan Pemilu Nasional beririsan,” katanya.  

Kemudian, pada pukul 13.00 WITA, DKPP memeriksa dugaan pelanggaran kode etik Ketua dan satu Anggota Panwaslu Kab. Banggai Kepulauan. Selaku Pengadu, Ruslan Husen, Zatriawati, dan Sutarmin D Hi Ahmad, masing-masing sebagai ketua dan anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah. Mereka mengadukan anak buahnya, Ketua dan satu Anggota Panwaslu Kabupaten Banggai Kepulauan Trisno R Hadis, dan Indra Guna Saimbi. Selaku ketua majelis, Prof Muhammad dan anggota majelis Aminudin Kasim, Naharudin.  

Agenda sidang Panwaslu Kab. Banggai Kepuluan adalah mendengarkan dalil-dalil pengaduan Pengadu dan mendengarkan jawaban dari Teradu. Pengadu menghadirkan pihak terkait yaitu Kepala Sekretariat dan Bendahara serta Staf Panwaslu Kabupaten Banggai Kepulauan. Sementara Pengadu menghadirkan pihak terkait Kasubag Hukum, Humas dan Hubungan Antarlembaga.  [teten jamaludin]