5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"

DKPP Bahas Renstra 2017-2022

Rabu, 21 Maret 2018
483 dilihat

Jakarta, DKPP - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar FGD Penyusunan dan Pembahasan Rencana Strategis (Renstra) DKPP tahun 2017-2022, di Jakarta, Selasa (20/3/2018). Acara ini dihadiri oleh Ketua dan anggota DKPP: Harjono, Prof Teguh Prasetyo, Alfitra Salamm, dan Ida Budhiati; Kepala Biro DKPP Bernad D Sutrisno; tenaga ahli DKPP, para penggiat Pemilu: Rickson Nababan, Yusfitriadi, Jojo Rohi, Jerry Sumampaw, Daniel Zuchron; dan juga staf di lingkungan sekretariat Biro Administrasi DKPP.

Bernad D Sutrisno, kepala Biro Administrasi DKPP sebagai pengantar ke arah acara, menyampaikan bahwa pembahasan renstra DKPP disusun sesuai dengan arah pembangunan politik nasional. Arah pembangun nasional ini ditelusuri dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Tahun 2005-2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN): RPJMN I Tahun 2005-2009, RPJMN II Tahun2010-2014, RPJMN III Tahun 2015-2019, dan RPJMN IV Tahun 2020-2025.

“Gambaran umum yang kami pahami arah politiknya adalah penguatan demokrasi berdasar pada Indeks Demokrasi Indonesia (IDI). Salah satu  indikator IDI adalah netralitas penyelengara pemilu dan netralitas dalam penyelenggaraan Pemilu,” katanya. 

Ketua DKPP Harjono mengapresiasi terhadap penyusunan Renstra DKPP ini. Pasalnya, DKPP akan mendapat tantangan yang lebih besar ke depan. “Melalui penyusunan ini  dirumuskan renstra DKPP lima tahun ke depan,” katanya.

Ida Budhiati menambahkan, dalam pembangunan dan perumusan renstra ini harus menggambarkan kondisi objektif saat ini seperti dari aspek hukumnya. Ruang lingkup tugas wewenang DKPP itu membuat peraturan DKPP. Regulasi yang sudah dibuat diantaranya adalah soal kode etik. Kedua, pedoman beracara. “Berangkat dari regulasi ini, DKPP akan menjalankan tugasnya memutus dugaan pelanggaran kode etik,” katanya.

Malam ini merupakan acara pembukaan. Rencananya besok akan acara FGD Penyusunan dan Pembahasan Rencana Strategis DKPP Tahun 2017-2022. [Teten Jamaludin ]