5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"

Pemilu Junjung Tinggi Nilai Etika

Selasa, 20 Maret 2018
284 dilihat

Kalsel, DKPP - Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Prof. Teguh Prasetyo menjadi salah satu narasumber pada acara Rakernis Pengawasan Tahapan Pemilu Tahun 2019. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bawaslu Prov. Kalimantan Selatan di Hotel Aria Barito Banjarmasin, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa, 20 Maret 2018.

Prof Teguh mengatakan, nilai demokrasi adalah dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Pemilu merupakan salah satu representasi dari nilai demokrasi. Dalam demokrasi, suksesi kepemimpinan dilakukan melalui Pemilu. Pemilu sebagai penjabaran dari kedaulatan rakyat. Pemilu yang demokratis mesti dilakukan secara kompetitif dan semangat menjunjung tinggi nilai etika. “Dalam berkompetisi, sebaiknya tidak melakukan dengan berbagai cara seperti iming-iming materi, mengirimkan berita hoax. Ini jangan terjadi di Kalsel,” katanya.

Dia menambahkan, penyelenggara Pemilu pun mesti memegang teguh etika. Nilai-nilai etika itu seperti menjaga integritas, mandiri, jujur, disiplin, tanggung jawab, dan tidak berat sebelah.   “Etika adalah nilai berperilaku secara pantas dan patut agar terwujud Pemilu bermartabat. Kualitas hidup penyelenggara Pemilu dicerminkan dari suatu etika,” katanya. [Austin: Teten]