5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"

Alfitra: Pengaduan di Provinsi Kalsel Meningkat

Kamis, 15 Maret 2018
393 dilihat

Banjarmasin, DKPP- Pengaduan terkait pelanggaran kode etik di wilayah Kalimantan Selatan semakin meningkat. Hal ini disampaikan anggota DKPP Alfitra Salam dalam Rapat Koordinasi Teknis Persiapan Sidang Kode Etik Penyelenggara Pemilu, Rabu (14/3) di Hotel Golden Tulip Galaxy, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Sebelumnya, di bulan Januari DKPP pernah memeriksa ketua dan anggota KPU dan rendah Panwas Kab Tapin. Kemudian, besok (Kamis 15/3-red) akan memeriksa ketua KPU Kab Tabalong.

“Sekarang sudah masuk lagi laporan baru ke DKPP, sehingga perkara di Kalsel ada kecenderungan meningkat. Tentunya kami dari DKPP beranggapan mungkin banyak orang mencari keadilan. Orang ingin Pilkada berjalan dengan baik. Sehingga tuntutan-tuntutan masyarakat untuk pemilu bersih semakin baik,” ucapnya.

Lebih jauh dijelaskan bahwa intinya, pengaduan ke DKPP bisa juga menjadi indikasi. Pertama,  indeks kepatuhan terhadap kode etik yang rendah. Tetapi sebaliknya juga, tuntutan untuk pemilu yang berkualitas dan beretika semakin tinggi. Kedua adalah pengetahuan terhadap DKPP semakin tinggi.

Terhadap jumlah pengaduan yang semakin meningkat, Alfitra mengaku tidak bangga dengan tingginya jumlah pengaduan yang diterima oleh DKPP. Ia menilai jika pengaduan meningkat maka indeks kepatuhan terhadap kode etik rendah. Lebih lanjut, ia berharap pengaduan di wilayah Kalsel tidak meningkat secara significant.

“Pengaduan dari Kalsel berangsur naik , semoga naiknya pelan. Kalau naik  dengan cepat bisa masuk lima besar daerah terbanyak yang diadukan,” imbuhnya.

Dalam rakor teknis persiapan sidang kode etik penyelenggara pemilu ini, hadir Iwan Setiawan selaku ketua Bawaslu Provinsi Kalsel dan Samahuddin ketua KPU Provinsi Kalsel yang merangkap sebagai Tim Pemeriksa Daerah wilayah Kalsel. Hadir juga Andi Tenri Sompa TPD dari unsur masyarakat. Selain itu jajaran sekretariat KPU dan Bawaslu provinsi Kalsel juga turut hadir bersama dengan jajaran Polda Kalsel. (Irmawanti)