5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"

Pancasila Harus Jadi Pedoman Dalam Berdemokrasi

Kamis, 08 Maret 2018
357 dilihat

Kalteng, DKPP - Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Prof. Teguh Prasetyo menyampaikan  orasi ilmiah dengan materi “Pemilu Bermartabat dan Etika Penyelenggara Pemilu” dalam acara wisuda Sarjana STIH Habaring Hurung Sampit di Aquarius Boutique Hotel Sampit, Kalimantan Tengah, pada Kamis (8/3/2018).

Prof Teguh mengatakan bahwa demokrasi “one man one vote” harus ada spirit dengan Pancasila. Demokrasi di Indonesia jangan dibiarkan liar. Seperti menghalalkan segala cara untuk mencapai kekuasaan seperti melakukan politik uang, menyebarkan berita palsu atau hoax, isu SARA.

“Saya menawarkan konsep Pemilu bermartabat,” katanya.  

Dia menjelaskan, ciri khasnya adalah menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila. Pilkada bermartabat berarti berkompetisi tetap dalam koridor memanusiakan manusia dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, karena suara rakyat adalah suara Tuhan. Memilih  calon sesuai dengan hati nurani, sesuai dengan program maupun personality yang dianggap mampu memimpin. Dalam setiap tahap pemilu baik kampanye, pemungutan suara dan pascapenetapan pemenang tetap menjaga nilai kemanusiaan, menjunjung tinggi nilai etika, nilai demokrasi, nilai persatuan dan kesatuan, harus bisa siap menang dan siap kalah.

“Dengan Pilkada bermartabat melahirkan pimpinan yang mampu membawa kesejahteraan dan memperkuat NKRI,” katanya.

Setelah melakukan orasi, Prof. Teguh menyerahkan Buku Pemilu Bermartabat: Reorientasi Pemikiran Baru Tentang Demokrasi kepada Ketua Senat STIH Habaring Hurung Sampit, Perwakilan KPU dan Panwaslu Kab. Kotawaringin Timur

Turut hadir pada wisuda tersebut Perwakilan Bupati Kotawaringin Timur, Perwakilan Dandim 2015, Perwakilan Kaplores Kotawaringin Timur, Koordinator Kopertis Wilayah XI Banjarmasin, Perwakilan Kejati, KPU dan Panwaslu Kab. Kotawaringin Timur, Ketua Yayasan Pendidikan Habaring Hurung, Kalapas, Ketua/Pimpinan Partai Politik Peserta Pemilu Kotawaringin Timur, Rektor Universitas Darwan Ali, Ketua STKIP Muhammadiyah Sampit, Ketua STIE Sampit. [Austin:Teten]