5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"

Seragam Dinas, Pataka, dan Logo DKPP Dirilis

Jumat, 02 Maret 2018
495 dilihat

Jakarta, DKPP – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) merilis logo, pataka dan pakaian dinas sekretariat Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu,  di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Kamis (1/3/2018). Launching tersebut bersamaan dengan acara Pengesahan dan Pelantikan Anggota Tim Pemeriksa Daerah.

 

Anggota DKPP, Dr.  Alfitra Salamm mengatakan, sejak berdirinya DKPP tahun 2012 silam, lembaganya selalu memegang teguh kepercayaan masyarakat untuk menegakkan kode etik penyelenggara Pemilu. Kepercayaan tersebut semata-mata untuk mewujudkan penyelenggara Pemilu yang berintegritas, kredibel, dan mandiri, dan bermartabat.

 

Branding kelembagaan yang telah dilakukan DKPP selama ini dinilai telah berjalan dengan baik. Hal tersebut terbukti bahwa pengaduan dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh penyelenggara Pemilu yang masuk ke DKPP telah ada dari seluruh pelosok Indonesia, dari Sabang hingga Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Branding DKPP secara kelembagaan saat ini telah dilengkapi dengan logo.

“Tanggal 29 Januari 2018, DKPP telah memiliki logo resmi yang ditetapkan DKPP Nomor 1 tahun 2018 tentang Logo, Pataka, dan Pakaian Dinas di Lingkungan DKPP. Logo dalam peraturan ini diartikan adalah identitas resmi dan alat pemersatu yang sesuai dengan visi dan misi yang dapat menjiwai dalam meningkatkan etos kerja jajaran DKPP yang dapat mengaktualkan pelayanan penegakan kode etik penyelenggara Pemilihan Umum,” katanya.

 

Selain logo, dalam peraturan tersebut juga mengatur tentang Pataka DKPP dan seragam DKPP. Seragam DKPP dalam peraturan tersebut dimaknai adalah pakaian seragam yang dipakai untuk menunjukkan identitas jajaran DKPP dalam melaksanakan tugas. “Diharapkan dengan telah ditetapkannya logo, dan seragam DKPP dalam sebuah peraturan,dapat sebagai media atau wadah DKPP untuk branding secara kelembagaan yang lebih masif lagi,” pungkas Alfitra yang juga ketua umum AIPI tersebut.

 

Selain Logo, Patakan dan Pakaian Dinas, DKPP juga merilis Majalah Dial-Etika. Majalah ini terbit setiap bulan. [Teten Jamaludin]