5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"

DKPP Akan Sahkan TPD Seluruh Indonesia

Rabu, 28 Februari 2018
676 dilihat

Jakarta,- Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akan menyelenggarakan acara Pengesahan dan Pengambilan Sumpah Tim Pemeriksa Daerah Tahun 2018 sekaligus merilis pakaian dinas dan majalah DKPP. Kegiatan ini bertempat di Hotel Aryaduta, Jalan Tugu Tani, Jakarta Pusat, pada Kamis (1/3/2018) pagi. Rencananya akan hadir para penyelenggara Pemilu, stake holders, dan tamu undangan lainnya.

Menurut Kepala Biro DKPP Bernad Dermawan Sutrisno, Tim Pemeriksa Daerah Tahun 2018 yang akan diambil sumpah sebanyak 136 orang. Mereka terdiri dari unsur KPU dan Bawaslu Provinsi serta tokoh masyarakat atau akademisi sebagaimana amanat undang-undang No. 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum Pasal 164 ayat 1 yang menyatakan bahwa, dalam melaksanakan tugasnya DKPP dapat membentuk tim pemeriksa daerah (TPD) di setiap provinsi yang bersifat ad hoc. Pada ayat dua (2) Tim Pemeriksa Daerah di setiap provinsi masing-masing berjumlah empat orang.  “Tim Pemeriksa Daerah-lah yang akan membantu DKPP dalam memeriksa dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara Pemilu di daerah,” katanya.   

Pada saat bersamaan, DKPP juga akan merilis Logo, dan Pataka, pakaian dinas DKPP dan Majalah Dial-Etika.  Logo, dan seragam ini sudah diatur dalam Peraturan DKPP No. 1 Tahun 2018 tentang Logo, Pataka, dan Pakaian Dinas di Lingkungan DKPP.  Amanat undang-undang, DKPP akan berpisah dengan sekretariat Jenderal Bawaslu RI pasal 162 yang menyatakan bahwa untuk mendukung kelancaran tugas dan wewenang DKPP dibentuk sekretariat DKPP.  

Majalah Dial-Etika merupakan majalah yang rencananya akan terbit setiap bulan. Majalah ini memuat tentang hasil sidang pemeriksaan pelanggaran kode etik, modus-modus pelanggaran kode etik sekaligus juga sosialisasi penegakan kode etik. “Diharapkan majalah ini bisa menjadi sosialisasi penegakan kode etik penyelenggara Pemilu,” katanya.

Masih di hari yang sama, lanjut Bernad, pada pukul 14.00 WIB pihaknya juga akan menyelenggarakan Talk Show Ngobrol Etika Penyelenggara Pemilu dengan Media (Ngetren Media). Acara rutin ini merupakan kali kedua di awal tahun ini. Tema yang akan diangkat adalah Tim Pemeriksa Daerah Sebagai Ujung Tombak Dalam Melakukan Sidang di Daerah. Narasumber dalam acara ini Prof Teguh Prasetyo, anggota DKPP periode 2017-2022, Dr Nur Hidayat Sardini, S.Sos, M.Si, anggota DKPP periode 2012-2017, dan Daniel Zuchron, anggota Bawaslu periode 2012-2017 dengan presenter Jean Girsang, presenter Kompas TV. [rilis]