5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"
  • Home
  • Aktifitas
  • Ketua DKPP Berharap Zero Pengaduan dalam Pilkada

Ketua DKPP Berharap Zero Pengaduan dalam Pilkada

Senin, 12 Februari 2018
256 dilihat

Surabaya, DKPP - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Harjono menghadiri  Rapat Pleno Terbuka Penyampaian Hasil Penelitian dan Penetapan Pasangan Calon Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018, di kantor KPU Provinsi Jawa Timur, Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Senin (12/2/ 2018).

Rapat dipimpin ketua  Eko Sasmito bersama anggota KPU Choirul Anam, Dewita Hayu Shinta, Muhammad Arbayanto, Gogot Cahyo Baskoro. Dalam rapat tersebut kemudian KPU Jatim menetapkan pasangan Saifullah Yusuf- Puti Guntur Soekarno dan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak sebagai calon Gubenur dan Wakil Gubenur Jatim pada Pilkada tahun 2018. Penetapan kedua Paslon, tertuang dalam surat pengumuman bernomor 100/PL. 02-2,SD/06/KPU/I/2028 yang ditandatangani ketua KPU Jatim Eko Sasmito. Hadir dalam rapat itu ketua dan anggota Bawaslu Provinsi Jawa Timur, tim sukses dari masing-masing calon.

Hasil penelitian kedua pasangan calon telah memenuhi syarat,” kata Eko Sasmito dalam sambutannya.

Moh. Amin, ketua Bawaslu Provinsi Jawa Timur mengatakan, pada penetapan hari ini maka segala hak, kewajiban dan larangan yang mengatur telah melekat pada calon. Untuk itu, pihaknya meminta agar masing-masing pasangan calon untuk lebih bisa menahan diri terlebih pada saat kampanye.  

Ketua DKPP Harjono berharap, agar pelaksanaan Pilkada berjalan secara kondusif. Suksesnya pelaksanaan Pemilu bukan hanya tugas KPU dan Bawaslu saja, melainkan tugas semua pihak. Harjono menambahkan, meski DKPP tidak memiliki kaitan secara langsung dengan tahapan Pilkada, akan tetapi DKPP memiliki kewajiban untuk mengimbau kepada para penyelenggara Pemilu untuk menjaga kode etik sebagai penyelenggara Pemilu. “Dalam Pilkada ini, diharapkan zero aduan ke DKPP,” katanya.  [Teten Jamaludin]