5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"
  • Home
  • Aktifitas
  • DKPP Gelar Pemeriksaan Dugaan Pelanggaran Kode Etik KPU Kab Konawe Selatan

DKPP Gelar Pemeriksaan Dugaan Pelanggaran Kode Etik KPU Kab Konawe Selatan

Senin, 12 Februari 2018
311 dilihat

Kendari, DKPP- Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memeriksa perkara dugaan pelanggaran kode etik nomor 26/DKPP-PKE- VII/2018, Senin (12/2). Teradunya adalah Herman, Ashadi Cahayadi, Muh. Syafaruddin, Seni Marlina, Harmidyawati, ketua dan anggota KPU Kab Konawe Selatan.

Selain mereka, sekretaris KPU Kabupaten Konawe Selatan Aila serta Sunaida, Ilham Alihi Sinta dan Samrin staf sekretariat KPU Kab Konawe Selatan juga menjadi Teradu. Sembilan Teradu tersebut diadukan oleh Hasni, Awaluddin, Muammar selaku Ketua dan Anggota Panwas Kabupaten Konawe Selatan.

Dalam pemeriksaan yang berlangsung di kantor Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara ini, Pengadu mengklarifikasi bahwa nama Pengadu ada yang keliru, bukan Samrin namun Jawaludin. Hal itu disampaikan Hasni ketua Panwas Kab Konawe Selatan saat dipertanyakan oleh para Teradu karena sekretariat KPU Kab Konawe Selatan tidak ada yang bernama Samrin. Pemeriksaan dipimpin langsung oleh anggota DKPP Alfitra Salam dengan didampingi Tim Pemeriksa Daerah yakni yang bertempat di kantor Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara.

Pemeriksaan yang dipimpin oleh Alfitra Salam dengan disampingi Hj. Hadi Machmud, La Ode Abdul Natsir dan Deity Yuningsih selain mendengarkan dalil aduan Pengadu serta jawaban Teradu. Juga mendengarkan keterangan dari saksi yang dihadirkan Pengadu dan Teradu yang berjumlah sebanyak tiga belas orang. [Irmawanti]