5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"

DKPP Jalankan Amanat Undang-Undang

Selasa, 09 Januari 2018
10264 dilihat

Jakarta, DKPP –   Ruang Pengaduan menjadi sarana untuk meningkatkan pelayanan DKPP bagi para pencari keadilan. Pelayanan menjadi sangat penting sebagai lembaga negara.   

 

Kepala Bagian Administrasi Umum Yusuf menjelaskan bahwa core bisnis dari lembaganya ada dua, yaitu pengaduan dan persidangan. Setiap pemeriksaan persidangan dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara Pemilu diawali dari pengaduan terlebih dahulu. Untuk itu, pelayanan terhadap pihak-pihak yang beperkara dalam hal ini para pencari keadilan itu mesti difasilitasi. “Nah, sebelum ke sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran kode etik,  DKPP menerima laporan dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara Pemilu terlebih dahulu. Oleh karena itu, kami wajib menerima dan memfasilitasi pengaduan yang diadukan ke DKPP,” katanya.

 

Dia melanjutkan, salah satu bentuk yang wajib difasilitasi adalah tentang tempat. Memang, tempat saat ini masih terbatas akan tetapi pihak memanfaatkan ruang-ruang yang masih kosong menjadi lebih fungsional.

“Tempat khusus ini untuk tempat pengaduan, dibuatlah ruang pengaduan DKPP. Tujuannya untuk membuat nyaman, selain bisa menyampaikan pokok-pokok pengaduannya, kemudian juga bisa langsung berinteraksi dengan petugas, dalam hal ini staf, dan tidak terganggu oleh hal lain,” ujar dia.

 

Dengan begitu, lanjut dia, pengadu yang datang ke sini merasa terlayani dan tersalurkan segala kekecewaannya terhadap penyelenggara Pemilu. “Menjadi poin pentingnya adalah tingkat kepuasan mereka. Itulah sebenarnya,” pungkas Yusuf. [Teten Jamaludin]