Apresiasi Pilkada Sukses KPU DKI Berikan Penghargaan

09-Aug-2017 -- dilihat 225 Kali

Jakarta, DKPP - Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Prof Muhammad, Ida Budhiati dan Hasyim Asy’ari menghadiri acara malam penghargaan bagi Penyelenggara dan Stake Holders dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Tahun 2017 di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (8/8/2017) pukul 20.00 WIB. Hadir anggota Hadar Nafis Gumay, Ferry Rizky Kurniansyah, anggota KPU periode 2012-2017, Juri Ardintoro, ketua KPU periode 2016-2017. Hadir pula Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan. 

Acara ini dibuka oleh Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno. Dia mengatakan, acara ini sebagai bentuk apresiasi bagi penyelenggara Pilgub DKI 2017 dan stakeholders yang telah berjasa dalam menyukseskan acara pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta 2017.

“Malam ini kami akan memberikan apresiasi kepada seluruh penyelenggara dan stake holder. Pemberian apresiasi itu diberikan atas kontribusi selama Pilkada di DKI Jakarta Tahun 2017,” kata Sumarno dalam sambutannya. 

Hasyim Asy’ari mewakili ketua KPU RI menerima penghargaan dari KPU DKI Jakarta. KPU RI telah berjasa memberikan bimbingan dan arahan serta dukungan terhadap pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta. Sementara Ida Budhiati menerima penghargaan lifetime achievement.

Hasyim didaulat  untuk menyerahkan piagam penghargaan kepada stake holders.  Prof Muhammad menyerahkan piagam penghargaan kepada petugas KPPS penyandang disabilitas. Acara ini dimeriahkan oleh artis ibu kota Iis Dahlia.

Dalam sambutannya, Hasyim Asy’ari mengapresiasi terhadap pelaksanaan tahapan Pilkada di DKI Jakarta yang telah berjalan dengan lancar dan tertib. Acara ini sangat penting, karena kerja Pemilu termasuk berat terlebih DKI Jakarta merupakan satu-satunya daerah yang dimungkinkan adanya Pilkada dua putaran. Oleh karena itu, pelaksanaan Pilkada tidak mungkin bisa dikerjakan sendiri tanpa kerja sama dengan para penyelenggara dari mulai tingkat provinsi hingga KPPS. Begitu juga Bawaslu DKI hingga pengawas mengawal Pemilu.Peran dukungan dan fasilitasi dari pemerintah juga sangat besar terhadap pelaksanaan Pilkada.

“Semoga apa yang kita kerjakan semua menjadi amal jariah kita terutama dalam pengembangan demokrasi kita,” kata Hasyim.

Dia menerangkan ada dua indikator kesuksesan Pemilu. Pertama, adanya partisipasi. Dan pada pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta bahwa partisipasi sangat tinggi, bahkan terjadi peningkatan partisipasi pada putaran kedua. Target partisipasi pemilih dalam Pilkada DKI 75 persen, sementara partisipasi lebih dari 77 persen. “Kesuksesan ini tidak lepas dari peran semua pihak,” katanya.  

Kedua, kompetisi. Kehadiran para pasangan calon dalam Pemilu menjadi sesuatu yang sangat penting. Dengan adanya pasangan calon, persaingan atau kontestasi menjadi terlihat dibanding dengan Pilkada dengan pasangan calon tunggal, meski Pilkada dengan calon tunggal juga diperbolehkan. “Oleh karena itu, apresiasi terhadap pasangan calon menjadi sesuatu kita sampaikan dan berikan penghormatan,” katanya. (Teten Jamaludin)

 


Share : Admin