Friday, 28-07-2017

Pembahasan RUU Penyelenggaraan Pemilu Mencerminkan Perkembangan Luar Biasa

( 14-07-2017 ) -- Read 85 Hits

DKPP, Jakarta – Pemerintah dan Pansus pembahasan Rancangan Undang- Undang Penyelenggaraan Pemilu telah mencapai titik temu dalam sidang yang dilaksanakan Kamis (13/7). Rapat tersebut diselenggarakan di Ruang Rapat Pansus B lantai 3 Gedung Nusantara II, Komplek DPR-MPR, Jakarta. Hadir antara lain Mendagri Tjahjo Kumolo, Menkumham Yasonna Laoly, anggota Pansus RUU Penyelenggaraan Pemilu, KPU, Bawaslu, DKPP, serta stake holder terkait.

Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Ida Budhiati, yang hadir dalam rapat pansus menyampaikan rasa syukurnya atas pembahasan yang telah selesai dan disepakati antara pemerintah dan DPR sehingga dapat dibawa pada forum paripurna. Menurutnya kesepakatan ini merupakan progress yang luar biasa dengan harapan dapat selesai sesuai jadwal.

“Harapannya agar selesai sesuai jadwal yang telah diagendakan sehingga penyelenggara Pemilu dapat menyusun pedoman teknis penyelenggaraan yang sudah ditunggu stakeholder keepemiluan untuk menyongsong Pemilu Serentak 2019,” jelas Ida saat diwawancara Humas DKPP seusai rapat pansus.

Dalam rapat pembahasan yang selesai pada pukul 21.00 WIB, ada tiga hasil yang disepakati pemerintah dan DPR. Salah satunya ialah membawa 5 paket isu krusial RUU Pemilu ke tingkat paripurna pada 20 Juli mendatang. Selain itu pemerintah dan DPR juga sepakat untuk kembali melakukan musyawarah dan sinkronisasi hingga 3 hari ke depan. (Prasetya Agung Nugroho)