Dr. Alfitra Salamm Apresiasi Kinerja Jajaran Sekretariat DKPP

11-Jul-2017 -- dilihat 280 Kali

Bogor, DKPP – Anggota Dewan Kehormatan Pemilu (DKPP) Dr. Alfitra Salamm memberikan apresiasi kepada jajaran sekretariat Biro DKPP. Hal ini diungkapkannya pada Rapat Kerja DKPP Tahun 2017 yang digelar di Bogor (10/7).

Menurut Alfitra, ada tiga hal yang harus lebih ditingkatkan ke depannya. Pertama terkait peningkatan kualitas etika. Kedua soal penguatan lembaga DKPP sebagai peradilan etika penyelenggara Pemilu, dan ketiga administrasi pendukung. “Secara umum pelayanan DKPP sudah baik. Jika dinilai skornya kira-kira 8.5 sampai 9-lah,” kata dia.

Terkait pengaduan DKPP yang bersifat pasif, Ahli Peneliti Utama LIPI ini mempertanyakan apakah dimungkinkan jika anggota DKPP meminta staf sekretariat atau anggota Tim Pemeriksa Daerah untuk mengecek laporan atau bersikap pro aktif. Hal lain yang disampaikan Alfitra yakni klasifikasi pengaduan, kecepatan mengadili dan putusan. Mana pengaduan mana yang harus dipercepat, mana yang bisa ditunda karena urgensinya.

“Humas sudah sangat bagus, kalau bisa ditambahkan pengaduan online dan tambahkan jendela untuk publik. Perbanyak dialog terkait masyarakat beretika, bermartabat dan kerjasama dengan lembaga-lembaga lain. Dan terakhir masalah monev, bagaimana DKPP mengawasi kinerja Bawaslu dan KPU terkait tindaklanjut putusan DKPP”, pungkasnya.

Acara yang diselenggarakan pada Minggu – Selasa (9-12/7) di The Sahira Hotel, Bogor Jawa Barat ini dihadiri oleh ketua dan anggota DKPP, Sekjen Gunawan Suswantoro, Kepala Biro DKPP Ahmad Khumaidi, Kabag Umum Yusuf, Kabag Pengaduan Dini Yamashita, Kabag Persidangan Dr. Osbin Samosir. Hadir pula Tenaga Ahli DKPP, Dr. Firdaus, Dr. Syopiansyah Jaya Putra, Ferry Faturokhman Ph.D, Rahman Yasin, M. Saihu dan tim Asistensi Diah Widyawati serta staf sekretariat di lingkungan Biro DKPP. [Diah Widyawati_3]


Share : Admin