5 Februari 2018
DKPP RI "Untuk Kemandirian, Integritas dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu"
  • Home
  • Aktifitas
  • Jabatan Teradu Berakhir Sebelum Diperiksa, DKPP Keluarkan Ketetapan

Jabatan Teradu Berakhir Sebelum Diperiksa, DKPP Keluarkan Ketetapan

Kamis, 31 Maret 2016
9263 dilihat

Jakarta, DKPP-Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) hari ini, Kamis (31/3) membacakan enam putusan dengan Teradu ketua dan anggota KPU Kab Halmahera Barat, KPU Kab Halmahera Utara, KPU Kab Bengkalis, KPU dan Panwas Kab Samat, KPU Kab Intan Jaya dan Panwascam Luas Kab Kaur. Selain putusan, DKPP juga membacakan ketetapan untuk perkara dengan Teradu Panwascam Manna Kab Bengkulu Selatan.

Dikeluarkannya ketetapan terhadap perkara nomor 112/I-P/L-DKPP/2016 ini, yang menjadikan Aldi Akbar selaku anggota Panwascam Manna sebagai Teradu. Dilatari oleh status Teradu yang telah selesai masa jabatannya sebelum pemeriksaan dilakukan.

Berdasarkan aduan yang disampaikan ke DKPP, Aldi dilaporkan oleh atasannya, yakni Wimarni selaku Panwas Kab Bengkulu karena diduga telah melakukan keberpihakan dengan menghadiri pertemuan di rumah Evit Aduarsa untuk merencanakan pertemuan dengan Agustrin B. Najamudin yang merupakan kaka kandung dari pasangan calon Gubernur nomor urut 2, tetapi tidak melaporkan pertemuan tersebut kepada Panwas Kab Bengkulu Selatan.

“Perkara yang diadukan oleh Wimarni selaku anggota Panwas Kab Bengkulu Selatan kepada Aldi Akbar selaku anggota Panwascam Manna. Setelah diverifikasi pengaduan ini tidak dapat disidangkan karena subjek yang berperkara tidak berstatus sebagai penyelenggara Pemilu,”kata Prof Jimly dalam pembacaan ketetapan yang berlangsung di ruang sidang DKPP, Jl MH Thamrin, Jakpus.

Pengaduan Pengadu, lanjut Prof Jimly, demi hukum tidak dapat dilanjutkan prosesnya karena tidak lagi memenuhi syarat sebagai perkara pelanggaran kode etik penyelenggara Pemilu.

Selanjutnya, memerintahkan kepada Biro Administrasi Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) untuk menerbitkan Akta Pembatalan Registrasi Pengaduan/ Laporan.

Foto       : Teten Jamaludin

Berita   : Irmawanti