Aktifitas

Jakarta, DKPP – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Abhan mengumumkan pergantian “duta besar” yang baru untuk Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI. Ia mengatakan, Rahmat Bagja akan menggantikan Fritz Edward Siregar sebagai Anggota DKPP Ex Officio Bawaslu.

Pengumuman ini sedikit tidak biasa karena dilakukan saat acara syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-7 DKPP di Ruang Sidang DKPP, Gedung Bawaslu RI, Jakarta, Rabu (12/6/2019).

“Tadi Pak Bagja menanyakan, perlu ada pelantikan apa gak? Saya bilang enggak usah, saya deklarasikan di sini (syukuran HUT DKPP, red.),” kata Abhan.

Rahmat Bagja didaulat Anggota DKPP Ex Officio Bawaslu untuk setahun ke depan. Sebagaimana diketahui, sejak 2017 Bawaslu secara rutin merotasi anggotanya yang ditugaskan di DKPP. Sebelumnya, Fritz Edward Siregar menggantikan Ratna Dewi Pettalolo sebagai Anggota DKPP Ex Officio Bawaslu pada 2018.

Deklarasi yang dilakukan oleh Abhan pun disambut oleh Ketua DKPP RI, Dr. Harjono. Di tempat yang sama, Harjono mengucapkan selamat datang kepada Rahmat Bagja.

“Selamat datang untuk duta besar yang baru (dari Bawaslu),” ujar Harjono. [Wildan]